Mengatasi blinking pada printer Epson R230

Lagi enak-enaknya ngeprint buat tugas besok tiba-tiba printer macet, lagipula muncul lampu merah berkedip-kedip, jika anda mengalami hal semacam itu tentunya pikiran pertama printer anda adalah error/macet/rusak, dan pasti anda akan membawanya ke tukang servis printer terdekat. Pertama anda jangan panik jika mengalami hal semacam itu, memang jenis printer epson mempunyai sifat yang seperti tersebut di atas yaitu yang dinamakan dengan blink. Masalah seperti ini mungkin sering terjadi jika anda sering memakai dan mengunakan printer ini. Printer yang dipasaran dijual seharga 1,2 juta-an tapi sekarang kayaknya udah naek sekitar 1,5 juta-an.

Biasanya masalah blinking ini ditandai dengan dua lampu indikator epson berkedap-kedip secara bergantian dan berwarna merah. Ternyata trouble tersebut disebut blinking dan solusinya harus di reset ulang.

Menurut para teknisi print, blink itu bisa di katakan poin pengeprinan pada sebuah printer itu penuh, soalnya tanpa kita tau setiap print itu nyala, printing, ead clening, rnyata proses itu  di hitung oleh chip yang ada dalam print tersebut, kalau gak salah batas max poin print itu sampai 7800 poin. Poin yang kita gunakan bisa kita liat dengan sebuah software adjusment R230,,

tapi gak papa, meskipun anda tidak bisa melihat poin dalam print anda tapi anda bisa me reset  ulang print anda.

Nah, daripada printer anda dibawa ke tukang servis, biasanya biayanya antara Rp 70 ribu – Rp 100. ribu, sesuai dengan lokasinya, kali ini saya mau berbagi tips untuk mengatasi masalah blink tersebut.

Berikut langkah-langkah mengatasi hal tersebut di atas:

1. Anda harus mempunyai software yang fungsinya untuk mereset ulang printer anda, yang namanya SSC Service utility v4.30, jika anda belum mempunyai software tersebut silahkan download disini.

2. Jika download sudah selesai, lalu di install ke komputer anda.

3. Setelah itu nyalakan printer anda.

4. Lalu buka program yang telah anda install, tampilannya akan nampak seperti ini:










5. Setelah itu pilihlah jenis printer sesuai dengan printer anda, misalnya kali ini printer yang saya pilih jenis Epson Stylus Photo R220/R230.

6. Setelah dipilih jenis printer, lalu tutup dengan klik tanda (x) (pojok kanan).

7. Kemudian beralih ke icon sscserve sebelah kanan bawah dan klik kanan akan tampil menu sscserve, kemudian pilih protection counter dan pilih reset counter.










8. Setelah itu matikan printer dan hidupkan kembali. Maka blinking akan hilang dan printer kembali normal kembali. Hanya dengan beberapa menit printer kembali normal dan tidak mengeluarkan biaya servis.

Demikian tutorial singkat dalam mengatasi masalah blink pada printer epson.

About these ads
    • hamdani
    • Maret 15th, 2011

    TQ gan… wa coba dulu ya tutornya..

  1. bingung wa

  2. terimakasih atas infonya, lancar sudah printernya =)) ready fot homework (y)

  3. thx gan,.sudah ok,ga blink lagi,.tp lampu tanda tinta ujung kiri kok msh nyala ya gan..??mohon solusinya..Thx…

    • lampu d ujung kiri menandakan kalu indikator tinta low,d layar status monitor terlihat warna pa ja yang indiktor tintanya dah low,,cobaa dilihat dulu,,
      setelah itu, ikuti ink catrid replacment di status monitor/ di menu maintenance,,
      Gd luck,,

    • Sopyan
    • Oktober 28th, 2012

    Msi agan”… ane mau jual peralatan cetak foto rumahan, krna udah g ada wktu buat buka krna cape krja.. silahkan yg mau tigal datang k bekasi.
    - PC proc Dual core
    - Printer R230 epson
    - Mesin laminating
    - Scanner
    - Alat press accessories PIN
    - Pemotong kertas
    Keadaan barang masih ok, berminat Hub : 087879496661 (sopian)
    Bisa jg di jual satuan.
    Thank’s…..!!

  4. Udah sy coba masih juga gan.. blinking minta solusinya..

  5. Thank bgt bang admin…printer dah ga kdip lagi…mantap

  1. Maret 28th, 2010

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: